INJECTION PUMP
Bagian bagian komponen injection pump:
1. Drive shaft
Penggerak sebagian komponen- komponen injection pump
2. Feed pump
Mengisi bahan bakar pada barel injection pump
3. Plunger
Mengkompresi bahan bakar pada barel dan mendistrubusikan ke cylinder
4. Automatik timer
Mengontrol waktu pemasukan bahan bakar ke dalam barel untuk menentukan waktu penyemprotan ke dalam cylinder
5. Governor
Secara otomatis mengontrol bahan bakar yang masuk kebarel agar tidak terjadi engine overrun
6. Delivery valve
Menghisap kembali bahan bakar untuk pencegahan penetesan dan mempertahankan
pengendapan udara pipa masuk
7. Accelerator lever
Mengontrol jumlah bahan bakar yang masuk sesuai dengan tingkat pergerakan accel pedal
8. Fuel cut selenoid
Menghentikan bahan bakar untuk mematikan mesin
9.Maximum speed adjusting screw Untuk penyetelan kecepatan maximum injectoin pump
10. Idle speed adjusting screw
Untuk menyesuaikan idle speed mesin
11. Full load adjusting screw
Untuk menyesuaikan jumlah maksimum pemasukam bahan baker
PROSES PENGECEKAN DAN PENYETELAN INJECTION PUMP
Langkah-langkah pengecekan injection pump
a. Setel ujung adapter sepanjang 10mm
b. Masukkan skala dial keujung adapter yang lain sampai jarum dial bergerak, lalu kunci
c. Topkan engine ke posisi top silinder 1 kompresi
d. Kendorkan pipa pipa nozzle dan baut pengikat injection pump peda engine
e. Lepaskan bolt penyetelan/bolt lubang barel dan masukkan adapter
f. Putar crankshaft kearah kiri sampai jarum dial berhenti bergerak
g. Set jarum dial ke angka nol
h. Putar crankshaft kearah kanan sampai jarum dial berputar 1 kali (360 derajat)
I. Lihat tanda top pada pully menunjukkan ke angka berapa Standart 5 atau 7 derajat BTDC Catatan:apabila injection timing terlalu mundur geser injection pump kearah engine dan sebaliknya
Labels:
teori dasar mesin
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment